Dua Warga Pringsewu Donorkan Plasma Konvalesen

  • Bagikan

TERASPRINGSEWU.Com. Setelah Wakil Bupati Pringsewu Dr. Fauzi, dua warga Kabupaten Pringsewu donorkan Plasma Konvalesennya di UTD PMI Pembina Lampung Jalan Sam Ratulangi Bandar Lampung, Jum’at (23/7).

Kedua warga Pringsewu yang mendonorkan plasma konvalesen, Jevri warga Pringsewu Barat dan Ridwan koordinator Kotaku, saat hadir dan diambil plasma konvalesennya di UDD PMI Lampung, didampingi Ketua PMI Kabupaten Pringsewu Dr. H. Fauzi beserta Luke Silalahi Duta Donor Darah Lampung.

Jevri A. warga Pringsewu Barat, saat dihubungi TERASPRINGSEWU. Com, melalui Hand Phone celulernya, mengatakan, saat membaca ajakan Wakil Bupati Pringsewu, selaku Ketua PMI Pringsewu yang berisi ajakan untuk mendonorkan plasma konvalesen maka merasa terpanggil untuk menolong sesama yang terpapar covid-19, karena dirinya sudah pernah dirawat karena terserang virus covid-19.

Baca Juga:   Pemkab Pringsewu & BPJS Kesehatan Gelar Rapat FKPKU

Menurut keterangan Jevri, saat mendonorkan plasma Konvalesennya, darahnya diambil 450 mili lebih banyak dari donor darah biasanya.

Sedangkan yang bisa donor plasma, konvalesen salah satu syaratnya harus membawa surat keterangan dari dokter yang menyatakan bahwa pendonor awalnya positif terserang covid-19 dan ada keterangan negatif sesudah sembuh, ujar Jevri.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Pringsewu mengatakan, ucapan terima kasih atas kerelaan bagi warga yang pernah terpapar covid-19 mendonorkan plasma konvalesennya untuk yang membutuhkan.

Namun demikian, mereka yang dapat menjadi pendonor plasma konvalesen ini harus memenuhi beberapa persyaratan, diantaranya status kesembuhannya paling cepat 2 minggu dan paling lama 6 bulan sejak dinyatakan sembuh dari Covid-19. Kemudian yang utama adalah pria, akan tetapi jika pendonor seorang wanita, dipastikan belum pernah hamil. “Serta dalam kondisi yang betul-betul sehat yang dibuktikan dengan hasil pemeriksaan dokter secara komprehensif. Kemudian perlu diketahui bahwa untuk donor plasma konvalesen ini bisa dilakukan secara berulang dengan jarak waktu dua minggu dari saat melakukan donor yang pertama”, jelasnya.

Baca Juga:   Pembekalan Pengajar Praktik Guru Penggerak Angkatan 4 Resmi Ditutup

Dengan pemberian plasma konvalesen (plasma darah yang diambil dari penyintas Covid-19 yang di dalamnya terdapat antibodi terhadap virus Covid-19) ini,

Lanjut Fauzi, pasien penerima plasma bisa mendapat kekebalan secara instan sehingga dapat mempercepat penyembuhan Covid-19. (ndy)

  • Bagikan