Hari Donor Darah Sedunia PMI Kabupaten Pringsewu Adakan Sedekah Darah

TERASPRINGSEWU.Com_14 Juni merupakan peringatan Hari Donor Darah Sedunia, di Kabupaten.Pringsewu Palang Merah Indonesia ( PMI) akan membuka sedekah darah pada Senin (16/6) di Kantor BPBD setempat

Donor Darah di Kabupaten Pringsewu akan dilaksanakan pada pukul 09.00 wib hingga selesai dengan target 200 kantong.

Menurut Ketua PMI Kabupaten Pringsewu, Dr.H. Fauzi, donor darah juga dapat dikatakan dengan sedekah darah, memberikan darah kita untuk menyelamatkan nyawa orang lain.

Diadakannya donor darah pada 14 Juni ditetapkan sebagai Hari Donor Darah Sedunia oleh World Health Organization (WHO). Tujuan dari penetapan hari raya tersebut adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di seluruh dunia akan pentingnya kesehatan untuk mendonor darah.

Sebagaimana dilansir laman resmi Nationaltoday sejarah pendonoran darah dimulai dari eksperimen seorang ilmuwan bernama Richard Lower. Ia mempelajari donor darah pada binatang dan berhasil melakukan transfusi darah kepada dua anjing.

Baca Juga:   Pajak Bumi Dan Bangunan Di Kabupaten Pringsewu Diduga Terhutang 13 M

Setelah ilmu pengetahuan tentang donor darah berkembang, ilmuwan bernama Karl Landsteiner membuat klasifikasi tentang pembagian darah manusia pada tahun 1901. Pembagian darah itu disebut sebagai ABO human blood type. Pembagian darah tersebut dijadikan sistem untuk menentukan pendonoran darah di masa mendatang.

Awal mula peringatan Hari Donor Darah Sedunia berawal pada tahun 2000. Sejak tahun tersebut, Hari Donor Darah Sedunia terus diperingati setiap tanggal 14 Juni. Ujar Dr. H. Fauzi.

Dikatakan Fauzi. Melansir dari laman resmi WHO, tema yang diusung pada tahun 2021 adalah “Give blood and keep the world beating”. Adapun esensi dari tema ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan kontribusi pendonoran darah agar dapat berguna bagi kesehatan masyarakat.

Baca Juga:   Panglima Front Pembela Indonesia (FPI) Kutuk Keras Bom Bunuh Diri Di Gereja Katedral Makasar

Italia akan menjadi tuan rumah pada Hari Donor Darah Sedunia di tahun 2021. Acara peringatan seluruh dunia ini akan diadakan di Roma.

Tujuan utama dari kampanye tahun ini khususnya di masa pandemi adalah:

Meningkatkan kesadaran publik akan kebutuhan pendonoran darah bagi masyarakat;Mempromosikan nilai-nilai sosial yang dijunjung tinggi apabila mendonorkan darah bagi kesehatan publik;Menjadi inspirasi bagi orang-orang untuk sadar akan pentingnya kesehatan masyarakat;Merayakan generasi mendatang akan pentingnya kesehatan publik.

Fokus utama dalam merayakan Hari Donor Darah Sedunia ini lebih kepada generasi muda. Sebab, generasi muda akan mengemban tanggung jawab terhadap kesehatan masyarakat di masa mendatang.

Baca Juga:   Wanita PNS Tidak Boleh Jadi Istri Kedua, Ketiga Atau Keempat

Peningkatan kesehatan pun menjadi hal yang paling utama khususnya di masa pandemi ini sehingga nilai-nilai tentang kesehatan publik harus ditanamkan mulai dari kampanye yang diselenggarakan oleh WHO. Ungkap Fauzi.

Oleh karena itu marilah di hari Donor Darah Sedunia ini kita ikut berpartisipasi menyedekahkan darah kita untuk kemanusiaan.
Dikabupaten Pringsewu, silahkan kepada seluruh warga masyarakat ormas orsospol tokoh pemuda, tokoh agama, dinas instandi dilingkungan pemda maupun terkait, menyedekahkan darahnya di hari Donor Darah Sedunia di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Pringsewu, di komplek Pemda Pringsewu, Senin 14 Juni 2021 pukul 09.00 wib sd selesai, Ujar Dr.H.Fauzi Ketua Palang Merah Kabupaten Pringsewu.(ndy)