Jalin Krakatau Lampung Buka Posko Di STMIK Pringsewu PinjamTabung Oksigen Gratis

  • Bagikan

TERASPRINGSEWU.Com_Jalin Krakatau adalah jaringan relawan dan informasi kebencanaan di Lampung. Jalin Krakatau menjadi media menggalang kerja kerelawanan dan pendistribusian informasi bencana di Lampung

Kordinator Jalin Krakatau Lampung Rifky Indrawan, menjelaskan, Awalnya, Jalin Krakatau digagas menjadi media komunikasi relawan dan pendistribusian informasi kebencanaan di Lampung dan Banten.

Dimasa pandemi covid-19 yang melanda negeri ini pada medio Juli 2021 menyebabkan peningkatan jumlah pasien covid-19 tidak terkendali bukan hanya di Bandar Lampung peningkatan jumlah pasien terjadi di beberapa rumah sakit di kabupaten secara cepat.

Sebagian pasien memilih melakukan isolasi mandiri (isoman) karena keterbatasan daya tampung rumah sakit.
Di waktu yang bersamaan juga terjadi kelangkaan oksigen bagi pasien covid -19, kelangkaan oksigen ini disebabkan adanya peningkatan jumlah konsumsi oksigen dari pasien covid-19.

Melihat fenomena kelangkaan dan kebutuhan tabung oksigen,lalu Relawan TIK Lampung lalu mengumpulkan donasi masyarakat untuk membeli tabung oksigen untuk melayani pinjam pakai tabung oksigen bagi pasien covid-19 yang melakukan isoman.

Baca Juga:   Wabup Pringsewu Bina Aparatur Pekon Bumirejo

Kelangkaan tabung oksigen dan regulator tabung, menyebabkan harga melambung tinggi. Donasi yang dikumpulkan Jalin Krakatau hanya dapat dibelikan 2 unit tabung oksigen second ukuran 1 m3, 2 unit regulator dan 2 unit troli tabung oksigen.Berbekal 2 unit tabung oksigen tersebut, Jalin Krakatau mulai memberikan layanan pinjam pakai tabung oksigen secara gratis kepada pasien covid-19 yang melakukan isoman pada 26 Juli 2021. Jalin Krakatau memberikan layanan peminjaman tabung oksigen selama 5 hari, khusus wilayah Bandar Lampung.
Setiap hari permintaan peminjaman tabung oksigen terus bertambah.

Keterbatasan unit tabung yang dimiliki kemudian mendorong Jalin Krakatau menghimpun tabung oksigen milik perorangan/lembaga untuk dikelola dan dipinjam pakai pasien covid-19 yang melakukan isoman.
Saat ini, Jalin Krakatau mengelola 4 unit tabung oksigen ukuran 1 m3
, 1 unit tabung oksigen ukuran 1,5 m3 dan 2 tabung oksigen ukuran 6 m3 . Seluruh tabung digunakan untuk melayani pasien covid-19 yang melakukan isoman di Bandar Lampung.
Seiring berjalannya waktu dan peningkatan jumlah pasien covid-19 di Lampung, permintaan peminjaman tabung oksigen juga datang dari Kota Metro, Kabupaten Pringsewu dan Kabupaten Pesawaran. Namun, karena keterbatasan unit tabung yang dimiliki Jalin Krakatau, permintaan tersebut belum dapat dilayani.

Baca Juga:   900 Stasiun Radio Amatir Seluruh Dunia Berpartisipasi di SES HUT ke-12 Kabupaten Pringsewu

Dari diskusi Jalin Krakatau dengan anggota Relawan TIK Lampung, relawan di Kabupaten Pringsewu siap untuk memberikan layanan pinjam pakai tabung oksigen untuk pasien covid-19 yang melakukan isoman. Sebagai langkah awal, 2 unit tabung yang dikelola Jalin Krakatau akan dikirim ke Kabupaten Pringsewu dengan Posko berada di Kampus STMIK Pringsewu.. Sementara untuk Kota Metro dan Pesawaran akan dilayani jika unit tabung oksigen Jalin Krakatau bertambah.

Dalam memberikan layanan pinjam pakai tabung oksigen gratis, Jalin Krakatau menjalankan dengan mekanisme :
Jalin Krakatau mengupdate jumlah unit tabung yang dapat dipinjam
melalui twitter, instagram dan halaman facebook Jalin Krakatau.
Peminjam yang menghubungi nomor narahubung Jalin Krakatau akan
diberikan formulir online registrasi peminjaman.

Baca Juga:   Wabup Pringsewu Buka Pertemuan Sosialisasi Penguatan Dukungan, Komitmen & Monitoring Vaksinasi Covid-19 TNI-Polri

Setelah dilakukan verifikasi data yang diberikan, peminjam akan
diberitahu bahwa peminjaman disetujui.
Penanggungjawab peminjaman dapat mengambil unit tabung yang
dipinjam secara langsung (menggunakan protokol kesehatan) ke sekretariat Jalin Krakatau.

Jika penanggungjawab peminjaman juga termasuk pasien covid-19, maka relawan Jalin Krakatau akan mengantarkan tabung ke pasien (tetap menggunakan protokol kesehatan).Tanda terima tabung, petunjuk penggunaan dan tanda pengembelian
tabung yang dipinjam dilakukan secara online. Untuk di Kabupaten Pringsewu titiktabung berada di STMIK Pringsewu dengan koordinator M.Islam dan Agus Suryana, terang Rifky Indrawan (ndy)

  • Bagikan