Kantor Jaringan Masyarakat Menentang Perdagangan Orang Ada Di Pringsewu

TERASPRINGSEWU. COM. PRINGSEWU – Kantor Jaringan Masyarakat Menentang Perdagangan Orang (JMMPO) berdomisili di wilayah Kabupaten Pringsewu, tepatnya di Kelurahan Pringsewu Selatan.

Sepertinya belum banyak masyarakat atau penduduk Kabupaten Pringsewu kenal dan paham apa itu ? Dan Siapa itu JMMPO ?

Maka kami berniat agar warga Kabupaten Pringsewu mengenal Visi, Misi dan gerakan JMMPO serta programnya.

Gerakan kami kali ini mengarah ke pada para kader PKK, para ketua RT, bayan serta perangkat desa kelurahan Pringsewu Selatan. Niat baik kami disambut baik oleh Lurah dan Bayan atau Kepala Lingkungan, Yasin, akhirnya terjadilah aktivitas, dimulai dari Sosialisasi Visi dan Misi JMMPO Kabupaten Pringsewu.

Saat sosialisasi, Lurah Pringsewu Selatan, Ponijo SPd, dalam sambutannya mengatakan, Merasa sulit mengatakan JMMPO, selalu keliru karena memang belum paham dan familiar dengan Lembaga ini. Karena yang akan dibahas selain memperkenalkan Visi dan Misi JMMPO, namun juga mensosialisasikan gerakannya selama ini, yaitu usaha mengakhiri perdagangan manusia dan STOP segala bentuk kekerasan.ungkap Ponijo. S. Pd.

Baca Juga:   Pringsewu Ngangeni, Wisata Model Home Stay Dan Seat In

Dikatakan Lurah Pringsewu Selatan, Ponijo. S. Pd, masih sering terjadi kekerasan di wilayah kami ( kelurahan Pringsewu Selatan ), bahwa pernah membantu kasus KDRT, namun saat di vonis hukuman korban mengatakan ” Jangan ” kalau suamiku dipenjara lebih baik saya bunuh diri. Saya masih cinta. Akhirnya bebaslah suami yg suka menganiaya isteri itu .tutur Ponijo. S. Pd.

Untuk di ketahui,
Visi JMMPO adalah : Akhiri Perdagangan Orang di muka Bumi dan STOP segala bentuk kekerasan terhadap Perempuan dan anak.

Sedangkan Misinya : bersama dengan semua orang yang berkehendak baik berkomitmen untuk mewujudkan dunia bebas dari perdagangan orang. dengan melakukan kampanye bahaya perdagangan orang. Memberdayakan masyarakat sebagai agen perubahan. Pemulihan martabat korban serta Advokasi kebijakan publik.

Baca Juga:   Bupati Sujadi Blusukan Ke Lokasi Bencana

Apa yang telah dilakukan JMMPO selama ini?yaitu, melakukan pencegahan yg dengan melakukan penyadaran pemahaman perdagangan man usia dan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak .

Pemberdayaan dan Perlindungan melalui Rumah aman, .malah sistem rujukan dan konseling . 3. Pemberdayaan dengan meningkatkan kemandirian ekonomi meningkatkan kualitas serta produktivitas peserta program.

Advokasi kebijakan bersama jaringan untuk mencegah dan menekan perdagangan manusia.

Serta Pemberdayaan Perempuan melalui kursus2 ( salon, jahit, memasak dll ) .

Pertemuan para kader Pringsewu Selatan dihantar sampai peserta memiliki mindset berperspektif Anti Human Trafficking dan kesetaraan Gender dipandu oleh Sr. M Katarina FSGM, Puji Astuti Hendro dan Sri Endah aktivis perempuan.
Pertemuan dg Susana rileks dan terbuka membuat para peserta aktif dan responsif.

Baca Juga:   Kwarcab Pringsewu ikuti Rapat Koordinasi Abdimasgana Kwarda Lampung

Banyak pertanyaan, dan niat baik untuk mewujudkan dunia bebas dari Perdagangan orang dan segala bentuk kekerasan dengan menjadikan kelurahan Pringsewu Selatan menjadi promotor ciptakan masyarakat yg ramah dan aman bagi perempuan dan anak bagi kelurahan atau pekon yang ada di Kabupaten Pringsewu. Bravo Pringsewu Selatan.
(Andoyo)