Pembekalan Pengajar Praktik Guru Penggerak Berlanjut

  • Bagikan
Penutupan Pembekalan Pengajar Praktik angkatan 4 Gelombang 2 Tahap 1

TERASPRINGSEWU.Com_Peserta Pembekalan Pengajar Praktik Guru Penggerak Angkatan 4 Provinsi Lampung kembali bersiap-siap mengikuti Pembekalan Pengajar Praktik Guru Penggerak Setelah dinyatakan lulus dari pembekalan tahap pertama. Kegiatan akan dilaksanakan mulai tanggal 23/8/2021 hingga 27/8/2021 secara Virtual oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK).

Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Program Pendidikan Guru Penggerak, Dr. Kasiman dalam sambutannya pada sesi penutupan Pembekalan Pengajar Praktik angkatan 4 gelombang 2 tahap pertama mengatakan bahwa “Pengajar Praktik merupakan salah satu komponen dari bagian Program Pendidikan Guru selain Guru penggerak dan Fasilitator. Adapun tugas utamanya adalah sebagai pendamping guru penggerak dalam proses pendidikan Guru Penggerak. Praktik pengajar juga berperan sebagai orang yang berbagi praktik baik, mengevaluasi dan memberikan umpan balik (feed back) kepada calon guru penggerak selama pendidikan yaitu 9 bulan”.

Baca Juga:   900 Stasiun Radio Amatir Seluruh Dunia Berpartisipasi di SES HUT ke-12 Kabupaten Pringsewu

Dr.Kasiman Ketua Pokja Program Guru Penggerak

Seorang Pengajar Praktik Guru penggerak harus memiliki kompetensi yang disyaratkan agar program pendidikan Guru Penggerak Ini dapat terlaksana dengan baik, yaitu, menguasai teknik dan keterampilan mentoring dan coaching, menyusun rencana Pendampingan, membuat kesepakatan dengan calon guru penggerak, membuat jadwal pendampingan, memiliki komitmen untuk memenuhi tenggat waktu, mengevaluasi dan memberi umpan balik calon guru penggerak serta dapat berkomunikasi dengan efektif, ujarnya lebih lanjut.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) menyebutkan bahwa Program Guru Penggerak adalah salah satu program prioritas, sehingga Guru Penggerak (PGP) nantinya akan mendapatkan prioritas untuk menempati posisi strategis di lembaga pendidikan.

Baca Juga:   Sekretaris Dinas Pendidikan Pringsewu Diduga Kondisikan Pengadaan Meubeler Dari Dana BOS

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim menegaskan, Guru Penggerak merupakan talenta calon pemimpin masa depan, seperti kepala sekolah, pengawas, Instruktur, Gurunya guru dan lain sebagainya.

“Dari awal saya ingin memastikan bahwa Guru Penggerak adalah talenta pemimpin masa depan, seperti kepala sekolah, pengawas, dan lain-lain. Untuk itu, kami merancang regulasi yang mendukung dan memastikan alumni Guru Penggerak benar-benar mendapatkan prioritas dan kesempatan pertama di posisi kepemimpinan,” ujar Nadiem seperti dirangkum dari laman Kemendikbud Ristek.

Seleksi untuk menjadi Guru Penggerak pun tak mudah, banyak proses yang dilalui seperti seleksi berkas, membuat esai, tes bakat Skolastik, praktik mengajar, dan wawancara, Nadiem menyebut ketatnya seleksi Guru Penggerak itu serupa seleksi guru Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Seleksi Guru Penggerak memang sedemikian ketat karena ini adalah calon-calon pemimpin pendidikan masa depan, sehingga sangat penting dan selektif,” ungkapnya. (Ndy)

  • Bagikan