Beranda Pendidikan PGRI Provinsi Lampung Ikuti Konferensi Nasional PGRI

PGRI Provinsi Lampung Ikuti Konferensi Nasional PGRI

141
0
BERBAGI

TERASPRINGSEWU.COM–PGRI Indonesia tetap berkiprah bagi kemajuan Indonesia meskipun di masa Pandemi. Salah satu kegiatannya adalah diadakannya Konferensi Kerja Nasional II PGRI pada hari Sabtu, 27 Februari 2021, sebagai salah satu agenda utama dari PB PGRI.

Konferensi tahun ini mengusung tema “Dari PGRI untuk Indonesia, Kreativitas dan Dedikasi Guru Menuju Indonesia Maju”, Konferensi Kerja Nasional II PGRI ini diadakan secara virtual. Kegiatan ini dihadiri oleh 800 peserta. Para peserta itu merupakan utusan dari pengurus PGRI Provinsi, Ketua Pengurus Kabupaten/Kota, Ketua APKS Propinsi, Ketua IGTKI, Ketua Perempuan PGRI, Ketua LKBH, Ketua YPLP, dan perangkat kelengkapan PGRI lainnya. Setelah dibuka oleh Ketua Umum PB PGRI Ibu Prof. Dr. Unifah Rosyidi,M.Pd.

Baca Juga:   Unila akan Berikan Gelar Doktor HC kepada Herman HN, Ini Alasannya

Acara dilanjutkan dengan Agenda utama Konkernas II ini yaitu penyampaian laporan dari PB PGRI, Pandangan Umum dari PGRI provinsi, Pergantian Antar Waktu (PAW) pengurus PB PGRI, pengesahan RAPBO (Rencana Anggaran dan Pendapatan Belanja Organisasi, dan program kerja PGRI untuk tahun 2021.

PB PGRI melalui Ibu Unifah, menyampaikan tentang program terbaru yaitu untuk mengadakan Tryout bagi seleksi guru PPPK, sebagai suatu strategi bagi pembinaan dan pembekalan guru honor yang akan mengikuti seleksi tersebut. Kegiatan ini akan dilakukan bekerjasama dengan APKS sebagai salah satu perangkat kelembagaan PGRI yang khusus untuk mengadakan Pendidikan dan pelatihan guru, sebagai suatu peningkatan kompetensi guru.

Baca Juga:   Merayakan Pantun, Perpusnas RI Helat Lokakarya Koleksi Langka

PGRI selalu memperjuangkan hak-hak guru, terutama guru honorer. Hal ini menunjukkan kepedulian PGRI. Sekretaris Umum PGRI Lampung, Drs. M. Ilyas Effendi, M.M menyampaikan hasil pendataan anggota PGRI Lampung yaitu dari sejumlah 127 ribu guru, masih ada 59 ribu yang belum menjadi anggota PGRI. Untuk itu diharapkan peran serta para guru untuk segera bergabung dengan organisasi keguruan yang berkualitas ini.

Dengan Jargon “New Normal New Hope”, diharapkan Konferensi Kerja Nasional kali ini akan menghasilkan beberapa keputusan dan kebijakan sebagai hasil musyawarah yang lebih bermanfaat dan berpihak bagi anggota PGRI secara khusus dan seluruh bangsa Indonesia secara umum.

Drs. Suharto, M.Pd, Ketua PGRI Provinsi Lampung, mengatakan,” kegiatan Konkernas II merupakan sarana bagi perwujudan organisasi keguruan yang kuat dan potensial bagi peningkatan kompetensi anggota nya. Di masa pandemi ini, peranan dan Inovasi para guru dalam melangsungkan pembelajaran yang lebih kreatif dan bermakna amatlah vital. Karena itu, dengan banyaknya program-program kerja terbaik PGRI, diharapkan akan membantu para guru untuk dapat mengimplementasikannya.

Baca Juga:   Penerimaan PPPK Guru Madrasah 2021, Ini Kuota di 30 Provinsi

Lebih lanjut, Ketua IGTKI Propinsi Lampung, Ibu Nisdaryanti,M.Pd mengatakan bahwa sinergisitas antara IGTKI dan PGRI selalu menyatukan persepsi dengan tujuan yang sama. Sejalan dengan visi dan misi organisasi yaitu untuk meningkatnya Pendidikan di abad 21 khususnya Pendidikan anak usia dini semakin berdedikasi untuk meningkatkan kompetensi guru PAUD melalui wadah organisasi PGRI.(Doy)