Rektor IBN Apresiasi Warga Kab. Pringsewu Proaktif Membuat NIB UMKM Program KKN Tematik Mahasiswa IBN

TERASPRINGSEWU. COM.PRINGSEWU – Institut Bakti Nusantara (IBN) yang sebelumnya bernama STMIK Pringsewu, terjunkan 132 Mahasiswanya Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Selama 5 bulan, terhitung (11 April – 22 Agustus 2022) yang tersebar di 28 Pekon/Kelurahan, 8 Kecamatan se Kabuparen Pringsewu kecuali Kecamatan Pagelaran Utara..

Mahasiswa yang sedang KKN Tematik ini, disambut antusias warga di 28 Pekon yang mempunya usaha Mikro Kecil dan Menengah membuat NIB UMKM yang merupakan program Nasional Penerbitan NIB,

Antusias warga dan keligatan para Mahasiswa peserta KKN mendapat Apresiasi dari Rektor Institut Bakti Nusantara (IBN), Dr. Fauzi. S.E.,M. Kom. AKt. C.A.

“Luar biasa warga masyarakat berantusias dalam membuat NIB secara online yang dinpandu oleh mahasiswa peserta KKN Tematik, dengan bimbingan para Dosen pendamping, sehingga para mahasiswa dalam melaksanakan Program KKN Tematik membantu masyarakat dalam pembuatan NIB dengan jumlah penerbitan prosentasenya meningkat” ujar Dr. Fauzi Wakil Bupati periode 2017 – 2022 yang saat ini menjabat Rektor IBN.

Baca Juga:   Daerah PPKM Level 1 - 3 Boleh Gelar Pembelajaran Tatap Muka

Menurutnya, dari laporan data yang ada hasil rekap jumlah warga yang telah membuat NIB atas bimbingan mahasiswa KKN, terhitung 11 April hingga 26 Juni 2022 berjumlah 877 NIB dalam bentuk Pdf, dengan jumlah NIB terbanyak 101 NIB di Pekon Candi Retno, Kecamatan Pagelaran.

Sedangkan satu bulan kemudian, 26 Juli 2022 jumlahnya naik menjadi 1.434 NIB dalam bentuk Pdf. Presentasi kenaikan 63,51%, dengan. Jumlah terbanyak 140 NIB di Pekon Bulurejo Kecamatan Gadingrejo, dengan presentase kenaikan 63,51% dengan target 132 Mahasiswa hingga 22 Agustus mendatang, mencapai 5.280 NIB yang tersebar di 28 Pekon yang ada di Delapan Kecamatan, dengan capaian target 27,16%, ungkap Candidat Profesor Dr. Fauzi.

Baca Juga:   STIT Pringsewu Resmi Buka Prodi S2 Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam

“Atas nama Rektorat IBN mengucapkan trimakasih kepada warga atas partisipasinya membuat NIB UMKM, serta trimaksih pula kepada para peserta dan dosen serta panitia KKN Tematik IBN dalam membimbing dalam mensuseskan Program Nasional penerbitan NIB”. ungkap Dr. Fauzi Rektor IBN.

Semenrara itu Wakil Bidang Kemahasiswaan IBN, Bernadheta Herindri.S.Utami.M.Sc, mengatakan, KKN Tematik selama 5 Bulan ini, sesuai dengan amanat kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dimana mahasiswa belajar di luar kampus dalam bentuk KKN selama 1 semester,

KKN di tahun 2022 ini untuk pertama kalinya IBN menginisiasi KKN Tematik. “Disebut tematik karena Luaran KKN tidak sekedar laporan semata, namun output yg bermanfaat bagi sinergitas pemerintah daerah Kabupaten Pringsewu, khususnya Dinas Perizinan untuk mensukseskan program nasional penerbitan NIB” katanya.

Baca Juga:   Toleransi SD Fransiskus Pringsewu dalam Perayaan Imlek 2572

Dengan demikian, KKN Tematik ini merupakan kerjasama antara Institusi pendudikan dengan Pemerintah Daerah, yaitu antara IBN dengan Pemda Kabupaten Pringsewu, dengan sasaran kurang lebih 9000 UMKM yang tercatat oleh Dinas Koperindag Kabupaten Pringsewu, jelas Bernadheta Herindri, Lulusan S2 Universitas Gajah Mada. (Andoyo)