Seorang GURU SD di Kabupaten Pringsewu Lulus Seleksi Lemhamnas 2021

  • Bagikan

TERASPRINGSEWU. Com. Berta Niken seorang Guru SD asal Kabupaten Pringsewu tercatat sebagai peserta Pelatihan Pembinaan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan (Taplai) Program Lemhannas RI tahap III tahun 2021.

Kepada TERASPRINGSEWU, Com. Berta Niken menjelaskan, Kegiatan ini akan dilaksanakan secara Virtual mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19. Kegiatan Pelatihan digelar selama 10 hari mulai tanggal 1 September sampai 9 September 2021 dan akan dibuka oleh Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo.

Untuk terdaftar menjadi peserta pelatihan ini memang tidak mudah, karena Pelatihan Lemhanas memang telah dikenal sangat ketat dalam standar seleksi dan kelulusannya. Karena dari pelatihan tersebut diharapkan para peserta dapat memahami nilai-nilai kebangsaan dan menjadi agen perubahan di tengah-tengah masyarakat agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang tangguh dan disegani di mata Dunia.

Baca Juga:   LLDIKTI Wilayah II Dan STMIK Pringsewu Adakan Workshop Hibah Penelitian

Perjalanan Niken untuk bisa menjadi peserta pelatihan Pembinaan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan (Taplai) Program Lemhannas RI ini juga tidak mudah, berangkat dari Organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Provinsi lampung sebagai Biro pengembangan Profesi Guru, Dosen dan Tenaga Pendidikan, Niken merintis Organisasi sejak duduk di bangku SMP dengan menjadi pengurus OSIS di bidang organisasi, dan terus bergelut dengan berbagai organisasi dari tingkat Kecamatan hingga Provinsi dan Nasional saat ini. Berorganisasi seperti menjadi Hobby bagi Guru satu ini, berbagai organisasi baik sosial, kepemudaan, Olahraga dan profesi menjadi bagian hidupnya.

Selain itu Niken juga aktif mengikuti berbagai Pelatihan dan Diklat serta kompetisi Guru sehingga deretan Prestasi dan Kegiatan mewarnainya. Niken merupakan Instruktur nasional Guru Pembelajar Kemendikbud tahun 2017, Duta Kios Pintar, Mentor Google Master Trainer Lv 1, Duta perubahan perilaku Gerakan Pramuka, Nominasi Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) Level 3 Kemendikbud Ristek dan saat ini tercatat sebagai Calon Pengajar Praktik Guru Penggerak Kemendikbud Ristek yang bertugas sebagai mentor dan pendamping Guru Penggerak sebagai agen perubahan pendidikan di Indonesia. Selain itu Niken juga aktif menulis artikel dan opini di Media On line, Kompasiana, Gurusiana, maupun Blog Pribadinya, dan menulis di beberapa buku baik secara antologi maupun solo.

Baca Juga:   Merayakan Pantun, Perpusnas RI Helat Lokakarya Koleksi Langka

Peserta pelatihan Lemhannas terdiri dari berbagai elemen baik dari unsur Organisasi masyarakat, tokoh Masyarakat, Akademisi, Mahasiswa Berprestasi, Pejabat daerah maupun nasional, Pengusaha, dan unsur-unsur masyarakat lainya. Para lulusan Pelatihan diharapakan untuk menjadi agen perubahan untuk kebaikan bangsa ini di berbagai bidang dan lapangan pekerjaan masing-masing.

Nantinya peserta yang dinyatakan lulus akan mendapatkan Sertifikat dari Gubernur Lemhannas RI dan Pin kelulusan serta menjadi anggota Ikatan Alumni Lemhanas (IKAL). Melalui pelatihan ini diharapkan terbangun pemahaman mengenai pentingnya nilai-nilai kebangsaan sebagai tanggung jawab alumni program Lemhanas. Alumni nantinya berperan sebagai pemimpin masyarakat dan agen perubahan pada semua tingkatan, terlebih dengan situasi nasional saat ini, diharapkan para peserta mampu menjadi penggerak untuk memberikan motivasi dan semangat kebhinnekaan antar sesama masyarakat Indonesia, dan memupuk jiwa patriotisme kita semua sebagai Warga Negara Republik Indonesia.(Ndy)

  • Bagikan